Berdasarkan Rencana Strategis Universitas Syiah Kuala Tahun 2015 s.d 2019 yang menetapkan visi: "Menjadi universitas yang inovatif, mandiri dan terkemuka di Asia Tenggara di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat". Untuk mendukung visi tersebut, maka Biro Kemahasiswaan dan Alumni menetapkan:
VISI
"Menjadi Pusat Layanan Kemahasiswaan yang Handal Untuk Melahirkan Mahasiswa dan Alumni yang Inovatif, Mandiri, Terkemuka di Asia Tenggara dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat berlandaskan karakter dan cerdas."
MISI
1. Menerapkan sistem layanan kemahasiswaan berbasis informasi.
2. Melaksanakan proses layanan kemahasiswaan secara profesional, cepat, tepat dan transparan untuk seluruh unit kerja dalam lingkungan Universitas Syiah Kuala;
3. Mendukung terciptanya atmosfir akademik Universitas Syiah Kuala yang bernilai kejujuran, kedisiplinan dan kerjasama;
4. Memperkuat dan memperluas jaringan kerjasama institusional dalam rangka perluasan akses, penguatan daya saing dan pencitraan publik.
KEBIJAKAN MUTU
"Menumbuhkembangkan Pusat Layanan Kegiatan Mahasiswa Berbasis Kreatif, Inovatif dan Dedikatif Sehingga Unggul dalam Kepemimpinan, dan Berjiwa Kewirausahaan."